Berita Terbaru
23 October 2018

Arrisalah, 4 februari 2016-02-04

            Sekali lagi, bagian bahasa pondok modern arrisalah menunjukan eksistensinya sebagai penggerak bahasa dengan mengadakan acara rutin tiap tahunnya “ARRISALAH LANGUAGE GAME”. Butuh kemampuan berbahasa yang tinggi untuk memenangkan lomba ini. Setiap rayon saling bahu membahu, bekerja sama dengan teman rayonnya agar bisa bersaing dengan rayon kompetitornya.

 

            Semarak suara santri memenuhi ruang aula duta yang menjadi tempat diadakannya lomba ini. Karena memang tidak mudah soal soal yang diberikan bagian bahasa di setiap macam perlombaan dalam acara ini. Acara yang dimulai setelah sholat  isya ini dihadiri oleh para guru dalam dan seluruh santri dari kelas satu sampai kelas enam. Para guru duduk diatas kursi sedangkan penonton duduk lesehan has santri, bersila rapi.

            “present our action enjoy  together” menjadi slogan dari acara ini. Ya, slogan ini mampu menggambarkan apresiasi para santri dalam lomba ini, bersemangat dan ceria. Apresiasi inilah yang patut di banggakan dan menjadi salah satu bukti bahwa Arrisalah adalah pondok dengan bahasa resmi yang aktif.

            Ada tiga macam lomba yang menjadi tantangan bagi setiap partisipan acara ini, kuis, kasyful mu’jam dan open oxford.

      1. Di lomba pertama ini dibutuhkan tiga delegasi atau utusan dari tiap rayon untuk maju ke state.  Orang yang pertama bertugas untuk menyebutkan bahasa arab dan inggris yang dipraktekan oleh kedua temannya. Bahan yang harus diperagakan terpajang di layar slide. Lomba ini pun dimenangkan oleh rayon Zarkasyi yang dihuni oleh santri kelas 4

       2.  Di lomba yang kedua, butuh kemahiran tingkat tinggi dalam pelajaran bahasa arab, khususnya ilmu shorof. Karena dua partisipan dari tiap rayon harus duduk bersama kompetitornya untuk berebut cepat dalam mencari arti dan asli kata bahasa arab di kamus munjid. Kata demi kata pun dilontarkan oleh bagian bahasa hingga selesai. Akhirnya perlombaan ini pun dimenangkan oleh rayon Duta yang dihuni oleh kelas 1 dan 1 intensif

     3. Lomba terakhir ditutup dengan open oxford. Konsep perlombaan ini sama dengan kasyful mu’jam, hanya yang dicari artinya saja, karena memang dalam bahasa inggris tidak ada istilah asli kata. Dan lomba penutup ini dimenangkan oleh rayon Malaysia yang dihuni oleh kelas 2.

            Dan akhirnya, segala aktifitas di pondok ini mengaharuskan adanya nilai positif di bidang pendidikan. Prinsip ini sudah ada dari mulai berdirinya pondok ini. Dengan sendirinya kita semua berharap, semoga kualitas bahasa resmi pada para santri meningkat, dalam artian setiap santri yang belajar di pondok Arrisalah mempunyai kualitas bahasa resmi yang jauh diatas sekolah-sekolah ataupun pondok pondok luar…..amiin.

           

            Istiqomah…..dan inilah Arrisalah.