Berita Terbaru
23 October 2018

           Sesuai dengan gagasan Bapak Pimpinan Pondok Modern Arrisalah bahwa visi dan misi Pondok Modern Arrisalah adalah mencetak kader pengajar yang bisa mengajarkan Islam ke seluruh pelosok jagat raya ini.

 

Dalam edisi ini, kita mengangkat kisah perjalanan beberapa Pengajar dari Pondok Modern Arrisalah yang mendapatkan undangan ke Malaysia dalam rangka memberikan pembekalan dan penanaman nilai Pondok Modern dalam bidang bahasa Arab. Perjalanan ke Malaysia ini merupakan perjalanan perdana ke luar negeri untuk berdakwah yang difasilitasi oleh sebuah lembaga pendidikan menengah yaitu Al-Madrasah Al-Khoiriyah Al-Islamiyah, Pokok Sena Propinsi Pulau Pinang Malaysia.

                Kegiatan dakwah ini dipusatkan kepada penanaman kecintaan santri kepada bahasa arab dengan menggunakan sistem pengajaran yang diterapkan di Pondok Modern Arrisalah. Dengan menggunakan buku panduan Duruusul-l-lughoh yang dikarang oleh KH. Imam Zarkasyi yang merupakan salah satu pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor dan sekaligus menjadi Guru dari KH. Muhammad Ma’shum Yusuf yang merupakan pendiri Pondok Modern Arrisalah. Program ini dilaksanakan dalam tempo 6 hari dengan pemusatan pembelajaran di suatu camp yang bernama Raudhotul-l-Azizah yang terletak di sungai kulim, wilayah kedah. Kegiatan ini, didasari pada tema “Mukhoyyamu Tahbiibillighoh al-‘Arobiyah (Pelatihan Untuk Pencitaan Bahasa Arab)

               Adapun Bapak Guru yang diutus oleh Pondok Modern Arrisalah dalam program ini sebagai berikut:

  1. Ustadz H. Syaroni, Lc. ( pengajar Duruusul-l-Lughoh Al-Arobiyah).
  2. Ustadz Zainal Arifin (pengajar Mahfudzot).
  3. Ustadz Imron Mudatsir (pengajar Khot dan Tilawah)
  4. Ustadz Mada Indarta, MA (pengajar Tarikh Islam)
  5. Ustadz Muhammad Azharullah, Lc. (pengajar Muhadatsah)
  6. Ustadz M. Alif Sibghotullah Mujadidi (pengajar Imla’)

                Program ini dilaksanakan dalam jangka waktu 10 hari sejak keberangkatan hingga kedatangan kita kembali ke tanah air. Adapun rentetan agenda yang berjalan selama di Malaysia adalah sebagai berikut:

No

Tanggal

Kegiatan

`1

3 September 2015

Keberangkatan ke Malaysia

2

4 September 2015

Keberangkatan ke al-Madrasah al-Khoiriyah Pokok Sena Pulau Pinang

3

5-10 September 2015

Keberangkatan ke Camp tahbibil-l-lughoh al-arabiyyah di Sungai Kulim-Propinsi Kedah

4

11 September 2015

Kembali ke al-Madrasah al-Khoiriyah dan acara penutupan kegiatan

5

12 September 2015

Silaturrahmi dan pertemuan dengan wali santri

6

13 September 2015

Keberangkatan kembali ke tanah air Indonesia

 Program Tahbibil-l-Lughoh ini berjalan selama 5 hari di camp dan 1 hari untuk penampilan di al-Madrasah al-Khoiriyah al-Islamiyah, Pokok Sena. Adapun materi-materi yang diajarkan dalam Camp Tahbibil-l-Lughoh adalah sebagai berikut:

  1. Duruusul-l-Lughoh Al-Arobiyyah.
  2. Muhadatsah Al-Arobiyyah.
  3. Mahfudzat.
  4. Tarikh Islam.
  5. Khot.
  6. Imla’.

Dengan menggunakan sistem pengajaran dan pendidikan yang berjalan di Pondok Modern Arrisalah selama 24 jam dan dengan dukungan disiplin seperti yang berjalan di Pondok Modern Arrisalah, seluruh aktifitas dan kegiatan di Camp berjalan dengan baik.