Berita Terbaru
22 November 2017

tk-ari

PENDIDIKAN DASAR SEBAGAI PENERUS RASULULLAH SAW

Peran Pondok Modern Arrisalah sebagai sarana pendidikan dasar anak dalam menanamkan nilai keagamaan yang menyiapkan calon ulama' dan pemimpin dunia yang berwawasan Islam dan Universal (Nasional dan Internasional), beriman kuat, berakhlak mulia, berwawasan jauh, berpengetahuan luas, memiliki lapangan perjuangan yang jelas dan lapangan ekonomi yang mapan, sehingga diterima amal ibadahnya oleh Allah SWT di dunia dan akhirat.

Taman Kanak-Kanak Islam Arrisalah didirikan oleh Ibu Pimpinan Pondok Modern Arrisalah Program Internasional Al-Ustadzah Sri Wahyu, S.Pd.I. pada tahun 2006. Dengan murid awal 1 anak, kini Taman Kanak-Kanak Islam Arrisalah telah berkembang pesat sehingga dipercaya menangani ratusan siswa-siswi setiap tahunya.

VISI

  1. Terwujudnya generasi penerus Islami
  2. Dengan modal dasar iman dan taqwa kepada Allah SWT
  3. Serta sehat jasmani , cerdas, trampil dan berakhlaq mulia

MISI

  1. Mendidik dan membiasakan pengalaman ajaran agama Islam sedini mungkin/sejak dini.
  2. Membantu orangtua dalam mewujudkan anak yang sholih dan sholikhah.
  3. Menyiapkan generasi muda yang mandiri, kreatif dan dinamis.
  4. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara aktif, kreatif, aktraktif, efektif dan menyenangkan sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal, sesuai potensi yang dimilikinya.
  5. Memberi motivasi pada siswa untuk berkreasi dengan menggunakan fasilitas yang ada.
  6. Berusaha mewujudkan siswa berahlaq mulia, berprestasi dan mempunyai jiwa kepemimpinan.

TUJUAN

Membantu mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki anak, meliputi aspek moral dan nilai-nilai agama, sosial, emosinal dan kemandirian, kemampuan bahasa kognitif, fisik motorik, dan seni sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya serta memiliki kesiapan untuk mengikuti jenjang pendidikan selanjutnya dengan kualitas multiple intelegensi lebih baik.

Untuk mempertahankan sistem dan metode pendidikan dan pengajaran serta meningkatkan kompetensi santri TK Islam Arrisalah mengadakan:

  1. Program pengembangan dan pembentukan perilaku:
    • Moral dan nilai-nilai agama
    • Sosial emosional dan kemandirian
  2. Program kemampuan dasar:
    • Kemampuan berbahasa
    • Kognitif
    • Fisik/motorik (motorik kasar dan motorik halus)
  3. Kemampuan khusus:
    • Hafalan Al-Qur'an (surat-surat pendek)
    • Hafalan Al-Hadits
    • Hafalan do'a-do'a
    • Ibadah
    • Aqidah Akhlak
    • Sirah Nabawiyah


Secara garis besar, kegiatan santri TK Islam Arrisalah terbagi menjadi tiga yakni: kegiatan harian, mingguan, dan bulanan. Berikut sekilas kegiatan santri TK Islam Arrisalah selama dua tahun ajaran ini:

KEGIATAN HARIAN

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan seperti: proses pembelajaran diawali dengan hafalan Al-Qur'an (surat-surat pendek), hafalan Al-Hadits, hafalan do'a-do'a (do'a sehari-hari). Dan proses pembentukan perilaku diterapkan dengan pelaksanaan ibadah (wudhu', adzan, dan shalat 5 waktu berjama'ah).

KEGIATAN MINGGUAN

Lain dari pada itu, adapun kegiatan yang dilaksanakan di luar kelas seperti senam yang menjadikan jasmani sehat dan kuat, pramuka siaga yang diikuti oleh seluruh santri TK Islam Arrisalah, jalan-jalan di alam terbuka dalam menambah wawasan tentang Pondok Modern Arrisalah.