Berita Terbaru
17 December 2017

kmi-putri2

Kulliyatu-l- Mu'allimat Al-Islamiyah.

Membentuk Insan Ber-Akhlaqul Karimah dan Berwawasan Luas

Pondok Modern Arrisalah, memiliki lembaga khusus yang menangani kagiatan belajar mengajar atau pendidikan formal santriwan-santriwati Pondok Modern Arrisalah, yaitu: Kulliyatu-l-Mu'allimin wa-l-Mu'allimat Al-Islamiyah.

KEGIATAN HARIAN KMI

Tabkir, yakni kontrol terhadap kedisiplinan para santri untuk masuk kelas, dimulai pada pukul 06.45 WIB. Para staff KMI mengawasi santri yang masuk ke kelas, yang dibantu oleh bagian ta'lim.

Kontrol Kelas, dilakukan oleh guru piket selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Tugasnya adalah mengecek semua kelas dan mengontrol absensi guru pengajar di setiap jam mata pelajaran, yang kemudian dilaporkan kepada direktur KMI. Umumnya guru yang mendapat piket ini adalah guru dalam (guru yang tinggal di dalam pondok).

KEGIATAN MINGGUAN KMI

Pertemuan Kemisan, pertemuan ini diadakan setiap hari kamis, dua minggu sekali, pada jam pelajaran yang ke-5 dan ke-6. Pertemuan ini dipimpin langsung oleh Pimpinan pondok, yang diisi dengan: tausiyah tentang nilai-nilai Islam dsb, serta evaluasi pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di Pondok Modern Arrisalah, seperti: laporan absensi guru di kelas. Kumpul kemisan ini sangat efektif dan bermanfaat bagi para guru Pondok Modern Arrisalah untuk meningkatkan kwalitas para guru dan sekaligus menjadi motivasi bagi mereka dalam mendidik para santri, dan memahami makna akan pentingnya berjuang lillahi ta'ala.

Marosimu-l-Usbu'i (upacara mingguan); upacara ini wajib diikuti semua santri Pondok Modern Arrisalah, Upacara ini dilaksanakan setiap hari sabtu pukul: 06:30 WIB bertempat di depan gedung konsorsium bersama bapak pimpinan dan staf KMI, yang diisi dengan tausiyah untuk para santri serta pengumuman tentang kegiatan belajar santri, dan ditutup dengan do'a bersama yang dipimpin langsung oleh bapak pimpinan.

Rekapitulasi Absen, staff KMI dibantu dengan seluruh ketua kelas, mengadakan rekapitulasi Absen setiap hari kamis pada jam istirahat kedua, dalam kegiatan ini kehadiran santri akan dicek langsung dengan segala aktifitasnya disertai dengan adanya pengumuman-pengumuman dari staff KMI yang harus disampaikan.

kmi-putri

PROGRAM SEMESTERAN

Pembagian Kelas; Tugas utama staf KMI ketika pergantian semester adalah menentukan kelas yang akan diduduki setiap santri di semester yang baru. Dan pada semester pertama, tahun ajaran 2014-2015, pembagian kelas II – VI disesuaikan dengan grading para santri, hasil dari ujian, dengan batasan nilai yang berbeda di setiap kelasnya, sedangkan kelas I dan I Int diambil dari hasil ujian muqobalah yang diadakan sebelum masuk kelas KMI.

Al-Imtihan Nishfi-s Sanah Al-Awwal wa As Tsani; Ujian semester ini dimulai dengan ujian pelajaran sore selama 5 hari, kemudian disusul dengan ujian syafahi (ujian lisan) selama satu minggu, yang meliputi 3 rumpun materi: Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Al Qur'an. Ujian syafahi ini terbagi menjadi beberapa kelompok di rumpunan materi tersebut, dengan ketentuan bahwa setiap santriwati akan mendapatkan jadwal 3 materi di 3 hari dengan berselang-selang.

Setelah satu minggu ujian syafahi berlangsung, disusul dengan ujian tahriri (ujian tulis) yang berlangsung selama 12 hari, dan beginilah rangkaian ujian semester awal dan akhir di Pondok Modern Arrisalah. Selama 3 minggu berturut-turut seluruh santri Pondok Modern Arrisalah berjuang sekuat tenaga untuk terus belajar, memahami setiap pelajaran, bahkan para santri di-off-kan dari segala bentuk kegiatan ekstrakurikuler, dengan tujuan agar pikirannya terkonsentrasikan terhadap ujian saja, bukan yang lain.

KEGIATAN TAHUNAN

Penataran Guru Baru: Guru baru, adalah kader awal yang akan memegang estafet perjalanan pondok dari tahun ke tahun. Maka untuk meningkatkan kwalitas serta memupuk pemahaman yang kuat akan pengabdian di pondok, perlu adanya sebuah penataran, yang dikhususkan untuk guru baru.

Ujian Muqobalah (penerimaan Santri Baru): Ujian ini merupakan ujian yang diadakan khusus untuk santwati baru, sebelum memasuki kelas KMI. Ujian yang diprakarsai oleh staf KMI ini bertujuan untuk mengecek kesiapan setiap santriwati baru dan sebagai acuan awal dalam pembelajaran dan penentuan kelas di KMI. Pada hari Jum'at, 15 agustus 2015, ujian ini diadakan di Gedung Pertemuan Progressive, dan diikuti oleh 111 santri baru, yang terdiri dari: 57 tingkatan Mts/Smp, 28 tingkatan MA/Sma, pindahan dan santri luar Negeri 26. Materi yang diujikan adalah bacaan Al Qur'an baik itu dari huruf Hijaiyyah-nya sampai bacaan per-ayatnya, Tajwid, Fiqh dan Pengetahuan Islam.

MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran): Agenda Tahunan di peruntukan Guru, dilaksankannya MGMP untuk menyamakan presepsi antar guru meliputi cara mengajar, cara penilaian dan kisi-kisi ujian serta untuk mengetahui batasan-batasan materi yang akan diujikan baik di awal tahun maupun akhir tahun.

Karya Ilmiah (Paper): Pembuatan karya Ilmiah yang diperuntukan Untuk Kelas akhir KMI ini adalah suatu kegiatan menulis suatu masalah yang ada pada sekitar kita yang diteliti dan ditelaah secara mendalam dengan metode karya Ilmiah yang ada. Karya Ilmiah yang digunankan menggunakan dua bahasa Resmi yaitu Bahasa Arab dan Inggris

Amaliyatu-t Tadris (Praktek Mengajar): Agenda ini merupakan salah satu di antara rangkaian kegiatan santri kelas akhir KMI. Agenda diadakan sebagai wadah untuk mempraktekkan buku At Tarbiyah wa Ta'lim, Gontor, yang mereka pelajari sebelumnya. Pada tahun ajaran 2014-2015, agenda ini berlangsung tanggal 09 April 2015 – 13 Mei 2015, dan melibatkan semua guru senior.

Tausiyah