Berita Terbaru
20 June 2018

PEMBUKAAN EVALUASI KBIA/TKIA

Hari ini, Sabtu, (18/11/2017) adalah hari dimana evaluasi KBIA/TKIA dibuka. Setelah pembukaan Ujian Tahriri yang diikuti oleh seluruh santri pondok Modern Arrisalah didepan meeting hall, seluruh santri KBIA/TKIA beserta para ustdzah berkumpul di depan wisma putri.

Hari Terakhir Ujian Awal Tahun

Alhamdulillah, Ujian Awal Tahun periode tahun 2017-2018 sudah sampai hari akhir.

Polisi Sahabat Anak-anak

Kamis, (25/01/2018) polisi berkunjung ke KB/TK Islam Arrisalah. Kunjungan ini adalah dalam rangka mensosialisasikan program polisi Sahabat Anak (Polsanak).

Kebakaran Hebat Melanda Minimarket UKP

Innalillahi wa Inna Ilaihi Raajiun, UKP (Unit Kesejahtaraan Pondok) telah terbakar oleh si jago merah, kejadian terjadi kurang lebih pukul setengah sebelas (Jumat, 26/01/18), tadi malam.

Drama Kontes Antar Rayon


Kamis, 12 November 2015. Bagian Bahasa Pondok Arrisalah (CLID) mengadakan Agenda Tahunanyayaitu, Drama Kontes antar Rayon, dalam 2 bahasa  (Arab & Inggris). Acara yang membutuhkan latihan lama ini akhirnya berjalan dengan lancar, para santripun merespon baik dengan adanya  Agenda ini. Acara ini dihadiri oleh Al Ustadz Azharullah, Lc sekaligus memberikan sambutan.

Laporan Pendidikan & Pengajaran

Hal yang baru di Pondok Modern Arrisalah untuk pertama kalinya bapak pimpinan Drs. KH. Muhammad Masโ€™hum Yusuf, meminta kepada seluruh Dewan Guru untuk melaporkan hasil pendidikan & Pengajaran yang telah berjalan selama satu tahun.

Amaliyatu-L- Tadris (Peraktek Mengajar)

Agenda ini adalah salah satu diantara rangkayan kegiatan santri kelas akhir KMI. Agenda ini di adakan sebagai wadah untuk memperaktekan buku at tarbiyah wa taโ€™lim gontor, yang mereka pelajari sebelumnya.

ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆุจุฑูƒุงุชู‡

Anakku ..โ€ฆ
๏‚ง Setelah masuk pondok, anggaplah pondok ini sebagai rumahmu sendiri.

๏‚ง Anggaplah Pimpinan Pondok dan guru-guru sebagai ayah dan ibumu di sini, maka kalau ada kesulitan apapun jangan segan-segan menghubungi kami.

๏‚ง Jangan kurang bersyukur kepada Allah dan berterimakasih kepada orang tuamu yang telah menghantarkan, membiayai, merestui dan mendidik kamu. Ini adalah kesempatan emas untukmu.

๏‚ง Niatmu belajar di pondok adalah mulia, tetapi kemungkinan akan hilang kalau tidak tahan godaan dan ujian. Diantaranya; ada perasaan tidak tahan, tidak kerasan, kurang enak dan seterusnya. Bagi orang yang masih baru, hal-hal yang semacam itu sudah biasa, kalau sudah lama maka akan hilang dengan sendirinya. Doโ€™anya:

ุงู„ู„ู‘ู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ุฒูู„ู’ู†ููŠ ู…ูู†ู’ู€ุฒูŽู„ุงู‹ ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒู‹ุง ูˆูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ู€ูุฒู„ููŠู’ู†ูŽ

โ€œYa Allah tempatkanlah kami pada tempat yang Engkau berkahi ini, karena hanya Engkau yang bisa menempatkan kamiโ€.

Dan perbanyaklah membaca Surah Al-Ikhlash:

โ€œKatakanlah: "Dia-lah Allah Yang Maha Esa. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan-Nya."

๏‚ง Kalau sering-sering ingat rumah, perbanyaklah membaca :

ู„ุงูŽ ุญูŽูˆู’ู„ูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ู‚ููˆู‘ูŽุฉูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุจูุงู„ู„ู‡ู ุงู„ู’ุนูŽู„ููŠู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุธููŠู’ู…ู

ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู„ู‡. ูˆูŽ ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ูู„ู„ู‡ู. ูˆูŽ ู„ุงูŽ ุฅูู„ู‡ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ู. ุงู„ู„ู‡ู ุฃูŽูƒู’ุจูŽู€ูุฑ
.

๏‚ง Atau berkirim surat, bisa minta orang tuanya datang ke pondok untuk menjenguk, bisa menggunakan telephon, dll, tetapi jangan terlalu sering.

๏‚ง Ikuti semua kegiatan dan gunakan waktu sebaik mungkin, waktu belajar untuk belajar, waktu istirahat untuk istirahat, waktu olah raga untuk olah raga, waktu makan untuk makan dan seterusnya, InsyaAllah apa saja akan menjadi ringan dan menguntungkan.

๏‚ง Jangan malu dan jangan malas, apalagi menganggap enteng, memang semuanya dimulai dari dasar tetapi terus berjalan dan selalu baru dan serba cepat.

๏‚ง Yang belum bisa membaca atau menulis , maka tetap dididik dan dimulai dari nol, supaya bisa belajar dengan baik dan teratur.

๏‚ง Kalau sakit, secepatnya melaporkan ke pengurus, Bapak/Ibu guru atau langsung ke Pimpinan Pondok Modern untuk diobatkan. Bagian kesehatan pondok ada.

๏‚ง Kalau makananya kurang enak, sudah ada lauk dan tersedia di katin atau warung lauk pauk. Menu makanan selalu berganti dan sehat. Kalau sudah terbiasa semuanya menjadi enak. Ingat semboyan Pondok kita: โ€œMakan untuk hidup dan bukan hidup untuk makanโ€.

๏‚ง Apapun yang menjadi hak milik kamu harus dijaga dengan baik, jangan diletakkan disembarang tempat nanti bisa hilang. Walaupun itu hanya barang-barang sederhana, seperti : sabun, sandal, sepatu, handuk, bahkan pakaianmu yang ada di jemuran, arloji, uang, buku-buku, dan sebagainya. Semua harus disimpan dan hati-hati jangan sampai kecurian atau hilang, sedangkan barang yang sudah tidak dipakai lagi, disimpan baik-baik dalam kotak dan dikunci.

๏‚ง Jangan berbicara dengan bahasa daerah walaupun dengan teman se-daerahmu, mulailah dengan berbahasa Nasional atau praktekkan bahasa resmi (Arab/Inggris) walau campur. Dan ingat! Target berbahasa resmi (Arab/Inggris) bagi anak baru di pondok ini 3 bulan setelah dia masuk โ€ฆโ€ฆโ€ฆ. tidak usah malu atau minder, salah-salah sedikit tidak apa-apa namanya juga belajar, tapi jangan disalah-salahkan.

๏‚ง Jangan coba-coba untuk melanggar disiplin, kalau belum tahu silahkan bertanya, yang termasuk pelanggaran berat di Pondok ini diantaranya: Keluar kampung tanpa izin, bertengkar atau menyakiti orang lain, masuk rumah orang kampung, menghasud orang lain, menghina orang lain, tidak sembahyang fardlu/Jumโ€™at, meminum minuman keras dan mengkonsumsi obat-obatan terlarang (narkoba) dan apalagi meninggalkan pelajaran tanpa izin.

๏‚ง Hati-hati membawa uang, kalau ada kelebihan uang simpan saja di TABSIS (Tabungan Siswa) di Kantor Tata Usaha, sebab selain bisa diambil sewaktu-waktu, juga demi menjaga keselamatan.

๏‚ง Niati semuanya untuk belajar, berdisiplin dan menahan diri di dalam pondok dengan ibadah! InsyaAllah, Allah akan memudahkan kita semua. Firman Allah di dalam Al-Qurโ€™an :

โ€œHai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.โ€(Muhammad: 7)
Kalau niatmu (nyantri/mondok) untuk menolong agama Allah, niscaya Allah pasti akan menolong dan menguatkan pendirianmu.

Sabda Rosulullah:

ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุจูู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ูŠูููŽู‚ู‘ูู‡ู ูููŠ ุงู„ุฏู‘ููŠู’ู†ู

Barang siapa yang dikehendaki baik oleh Allah maka ia dijadikanNya mengerti dalam agama.

Semoga Allah SWT senantiasa menguatkan iman dan niatan kita yang baik ini. Amiin Ya Robba-l-โ€˜alamin.

ูˆ ุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ูŠูƒู… ูˆ ุฑุญู…ุฉ ุงู„ู„ู‡ ูˆ ุจุฑูƒุงุชู‡

Ponorogo, 9 Juli 2008
Pimpinan,

Drs. KH MUHAMMAD MAโ€™SHUM YUSUF
Pondok Modern Arrisalah Program Internasional