Berita Terbaru
23 October 2018

HUT RI ke 72 PM. Arrisalah

Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-72 Republik Indonesia di Pondok Modern Arrisalah.

Merdeka!! Merdeka!! Merdeka!!
Allahu Akbar!! Allahu Akbar!! Allahu Akbar!!

Buka Bersama di Pondok Modern Arrisalah, Ramadhan 1437 H

 
 
 
 
Kamis, 30 Juni 2016 diadakan acara Buka Bersama di Aula Duta Indonesia Pondok Modern Arrisalah. Acara ini dihadiri oleh seluruh guru pondok, alumni, wali santri dan masyarakat sekitar pondok.
 
Sekitar 1400 orang menghadiri acara tahunan ini. Dimulai dengan ceramah Bapak Pimpinan Drs. K.H. Moh. Ma'shum Yusuf pada 17.00 WIB, kemudian buka bersama dengan makanan ringan yang telah disediakan. Tanpa menunggu jeda, langsung diadakan sholat maghrib berjamaah di Aula, baru kemudian acara makan diadakan selepas sholat.

 

 

BAGIAN EKSTRAKURIRULER PONDOK MODERN ARRISALAH

            Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mengembangkan minat dan bakat kita, Pondok Modern Arrisalah selain sebagai lembaga pendidikan Islam juga mengajarkan berbagai keterampilan yang bisa dimanfaatkan untuk menyalurkan bakat-bakat yang terpendam, inilah beberapa ekstrakurikuler yang ada di Pondok Modern Arrisalah:

PERSITA

Persita, kependekan dari persatuan silat Arrisalah merupakan agenda wajib yang harus diikuti oleh semua santri putra maupun putri untuk melatih fisik mereka. Diadakan setiap minggu sore selama satu jam. Dengan ini santri pun dituntut untuk bisa melindungi dirinya dan orang lain dari berbagai macam ancaman fisik dalam keadaan apapun karena secara mental atau akhlak mereka sudah dilatih di asrama.

LARI PAGI

Lari pagi biasa dilakukan setiap jum’at pagi setelah kegiatan muhadatsah. Santri biasanya keluar pondok untuk menikmati udara pagi. Sambil bernyanyi mereka menghilangkan kepenatan setelah seminggu beraktifitas dengan kegiatan yang padat. Hal ini biasanya menjadi waktu yang ditunggu-tunggu oleh para santri karena mereka bisa menghirup udara pagi ditengah pemandangan sawah yang terbentang serta embun pagi yang jatuh tertimpa sinar matahari pagi.

SENAM

Instrument ala pondok menjadi andalan untuk mengiringi para santri ketika senam ini, ya, asyik dan tentunya ada unsur pendidikannya. Agenda yang dilakukan  disela-sela agenda lari pagi ini menjadi pusat perhatian karena merupakan agenda yang baru dimulai pada tahun ini. Setiap dua kali dalam satu bulan para santri dan guru-guru berkumpul di depan Aula Duta, menggerakan seluruh tubuhnya mengikuti alunan instrument ala pondok. Gerakan-gerakan ringan ini mampu menguras keringat para santri dan guru. Dihiasi canda dan tawa karena gerakan-gerakan tertentu, membuat jum’at pagi selalu ditunggu-tunggu.

AMC (Arrisalah Music Center)

Karena tujuan diadakan ekstrakurikuler adalah untuk menampung bakat para santri maka di bidang ini Pondok menampung bakat para santri dibidang musik. Latihan diadakan setiap hari kamis pagi. Adapun alat musik yang dilatih mencakup gitar, drum, dan keyboard atau piano. Dan dari sinilah para pemusik ala pondok dirilis, dari yang tidak bisa apa-apa hingga bisa apa-apa dan membentuk grup band.

APG (Arrisalah Painters Group)

Dengan nama yang berbeda, APG ini telah eksis dari tahun-tahun pertama pondok ini dirilis. Karena eksistensinya dari tahun-ketahun, jelas sekali perkembangan Pondok ini dibidang seni gambar yang dibuktikan dengan hasil hasil santri APG yang meningkat kualitasnya dari tahun ketahun. Dengan sendirinya APG mengadakan latihan setiap malamnya. Berikut jadwal APG:

Hari

Jenis Latihan

Jum’at Malam

Leter

Sabtu Malam

Khot

Ahad Malam

Background

Senin Malam

Anekdot

Selasa Malam

Lukis

Rabu Malam

Ornament

TRISA (Treather Seni Arrisalah)

Khusus di bidang ini, Arrisalah menampung bakat santri dalam hal Teather yang meliputi baca Puisi, Dance, Pantomim, dan Drama. Satu hal yang sangat penting adalah keberanian atau mental dari santri itu sendiri. Hanya santri dengan mental yang tinggi sajalah yang mengikuti bidang ini. Banyak sekali, alumni-alumni trisa yang mampu menunjukan kebolehannya di panggung-panggung seperti ArtShow, PLP, penutupan Kursus Mahir Dasar, dan Panggung Gembira Kelas Akhir.

Latihan Bola Kaki

Latihan ini dilakukan setiap hari Jum’at, Minggu dan Rabu. Tepatnya setelah sholat Ashar hingga jarum jam menunjukan angka setengah lima sore. Dari latihan ini, dapat dilihat bahwa bola kaki masih menjadi salah satu bidang ekstra yang memiliki persentase peminat yang tinggi. Hal ini tentunya sama dengan sekolah-sekolah lain yang persentase peminat bola kakinya tinggi juga. Kebolehan dan ketangkasan para santri dalam menguasai bola, menendang, atau menangkap bola dapat diadu dengan sekolah, ataupun klub-klub bola diluar. Alhasil, tak jarang klub bola Arrisalah menang melawan musuh-musuhnya dari klub luar dalam pertandingan antar Desa di Kecamatan walaupn tidak sampai ke jenjang juara.

Latihan Bola Basket

Bola basket juga menjadi salah satu ekstra yang disukai oleh sebagian besar santri pondok modern arrisalah program internasional. Secara keseluruhan, ada lima klub bola basket di arrisalah yaitu M.96, Harlem, Dolphin, Plinstone dan Porsa Basket atau Kopasus Basket. Ketika latihan berlangsung, para santri akan dilatih menurut klub-klub mereka masing-masing setiap hari Jum’at pagi, Sabtu sore dan Rabu pagi.

Drumband

      Alfana nada drumband, merupakan klub drumband pondok modern Arrisalah. Para santri yang ingin bergabung pada klub ini biasanya dipilih melalui tahap seleksi , klub drumband ini selalu menyemarakan acara-acara di Pondok Modern Arrisalah ini dengan penampilannya yang luar biasa. Adapun latihan para santri dalam drumband ini dilakukan setiap hari Kamis sore dan Jum’at pagi. Dan dikhususkan untuk pemegang alat music trompet, mereka ditambah latihannya pada hari-hari tertentu setelah jam setengah enam pagi.

Paskibra

Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) merupakan ekstrakurikuler yang baru diadakan pada tahun ini. Kekreatifan para santri dan kemauannya yang kuat menjadikan dorongan yang besar untuk menambah bidang ekstrakurikuler di Pondok Modern Arrisalah ini. Walaupun latihan paskibra dilakukan sekali dalam seminggu yaitu pada hari Senin sore, tetapi hasil dari latihan mereka sudah dapat dinikmati secara baik dalam upacara-upacara pengibaran bendera tahunan Pondok Modern Arrisalah

KOMPETISI OLAHRAGA ALA PONDOK

Agenda ini bisa dikatakan agenda wajib tiap tahun, karena memang setiap tahun pasti diadakan kompetisi olahraga ini, antar klub atau kelas. Pada akhirnya, acara inilah yang menjadi motivasi para santri untuk terus mengasah bakatnya dalam bidang yang ia mampu terutama olahraga. Berikut adalah acara-acara olahraga yang diadakan pada tahun ajaran ini.

Arrisalah Olimpiade

Pada tanggal 11-12 Januari 2016 bagian Ekstrakurrikuler Pondok Modern Arrisalah mengadakan lomba antar kelas. Agenda ini diselenggarakan dalam bentuk lomba futsal, lomba Bola Basket, dan Lomba Badminton. Meski antar kelas, semangat utusan-utusan tiap kelas tak hancur dikalahkan ketakutan mereka dalam menghadapi musuh yang menjadi kakak kelas mereka, dan sebaliknya. Walaupun pada akhirnya kelas akhirlah yang memenangkan lomba pertama bola basket dan futsal. Sedangkan untuk lomba badminton dimenangkan oleh kelas dua.

Bagor cup

Pada kesempatan selanjutnya, diadakan bagor cup. Bagor yang berarti bagian olahraga mengadakan kembali agenda tahunan ini. Agenda ini terdiri dari lomba Bola Kaki, bola Futsal, dan Bola Basket. Semua lomba diselenggarakan antar klub dari masing-masing cabang olahraga tersebut. Agenda ini dimulai pada tanggal 29 januari dan ditutup pada tanggal 19 februari 2016.

Warta cup

Sejatinya, agenda ini adalah lomba voli antar kelas. Dinamakan warta cup, karena agenda ini dipanitiai dan disponsori oleh Wartel Arrisalah Putra. Acara yang dimulai pada tanggal 22 januari 2016 itu diadakan di lapangan bismer pada pagi (khusus hari Jum’at) dan Sore hari. Santri non mukim juga ikut berpatisipasi dalam agenda ini, walaupun mereka gugur di pertandingan pertama mereka. Dan untuk perlombaan ini kelas limalah yang mnjadi juara pertama dan diikuti oleh kelas dua yang menjadi juara keduanya.

JADWAL LATIHAN EXTRAKURIKULER

PONDOK MODERN ARRISALAH PROGRAM INTERNASIONAL

PERIODE: 2015-2016M/ 1436-1437H

NO

HARI

WAKTU

KEGIATAN

TEMPAT

KETERANGAN

1

JUM’AT

Pagi

Porsa Baket

Lap Dema

Setelah Muhadatsah

Porsa bola

Lap Merdeka

Setelah Muhadatsah

Drumband

Lap konsersium

Setelah Makan Pagi

Sore

Bola kaki

Lap Merdeka

Juved & Zenith

Malam

Letter

Malaysia Kamar 4

Jam 21.30

2

SABTU

Sore

Basket

Lap Dema

All Club

Malam

Kursus Bahasa Arab

Depan Kamar Pembimbing Bahasa

Waktu Belajar

Khot

Malaysia Kamar 4

Jam 21.30

3

AHAD

Pagi

Futsal

Lap Mesa

Rajawali & Puma

Sore

Bola Kaki

Lap Merdeka

Gs. Team & Blazer

Malam

Background

Malaysia Kamar 4

Jam 21.30

4

SENIN

Pagi

Badminton, Paskibra, Tenis Meja

Lap Hasanuddin, G. Glora, Area Pondok

-

Sore

Tobakot

G. Aula Duta

Semua Kopasus

Malam

Anekdot

Malaysia Kamar 4

Jam 21.30

5

SELASA

Pagi

Futsal

Lap Mesa

Sonic & Garuda

Sore

Voli, Takraw, Trisa

Lap Bismer & G. Glora

-

Malam

Lukis

Malaysia Kamar 4

Jam 21.30

6

RABU

Pagi

Basket

Lap Dema

All Club

Sore

Bola Kaki

Lap Merdeka

GMR & Arizona

Malam

Kursus Bahasa Inggris

Depan Kamar Pembimbing Bahasa

Waktu Belajar

Ornament

Malaysia Kamar 4

Jam 21.30

7

KAMIS

Pagi

Amc

Dasawarsa Kamar Dua

-

Sore

Drumband

Lap konsersium

-

Malam

Publikasi

CCN

Setelah Muhadoroh